Yang Wajib Disiapkan untuk Mengajukan Aplikasi Beasiswa DAAD

Scroll this

kuliah di jermanDari berbagai program beasiswa kuliah di luar negeri, terutama di Jerman, beasiswa DAAD adalah salah satu pilihan yang paling banyak diminati oleh para mahasiswa dari Indonesia. Program yang dananya datang dari salah satu kementerian di Jerman ini menawarkan baik beasiswa Jerman full maupun beasiswa parsial. Tentunya, semua pilihan itu sangat menarik karena dapat membantu meringankan tanggungan biaya untuk menyelesaikan studi selepas jenjang S1.

Dokumen untuk Pendaftaran Beasiswa DAAD

Program DAAD ini secara secara mensyaratkan jenis-jenis dokumen yang umum, seperti:

  1. Formulir pendaftaran DAAD yang bisa diunduh di situs resminya.
  2. CV yang dibuat berdasarkan format standar di Eropa atau formulir Europass. Kamu juga bisa mengunduh formulir tersebut online.
  3. Surat motivasi alias motivation letter atau personal statement. Dokumen yang satu ini sangat penting karena isinya harus dapat “menjual” dirimu agar menarik minat penyelenggara beasiswa ini. Secara umum, isinya menyatakan ketertarikanmu mengenai program studi yang diminati, bagaimana ilmu yang dapat diperoleh nanti akan bermanfaat bagi diri sendiri serta negara, serta alasan mengapa tertarik untuk kuliah di Jerman.
  4. Proposal riset, apabila disyaratkan oleh universitas yang diminati.
  5. Surat rekomendasi baik dari universitas asal serta tempat kerja saat ini.
  6. Sertifikat kerja serta (apabila memungkinkan) jaminan yang menyatakan bahwa atasan akan mempekerjakan penerima beasiswa kembali setelah pulang ke Indonesia.
  7. Sertifikat TOEFL atau IELTS apabila mengajukan untuk program perkuliahan berbahasa Inggris, atau sertifikat TestDaF atau DSH untuk program berbahasa Jerman. Meski kamu bisa menggunakan sertifikat keterampilan berbahasa Inggris, ikut menyertakan sertifikat kemampuan berbahasa Jerman juga tidak ada salahnya.
  8. Transkrip nilai dan ijazah jenjang sarjana dalam bahasa Inggris.
  9. Daftar nilai ujian akhir dan ijazah SMA yang diterjemahkan ke bahasa Inggris atau bahasa Jerman, sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Kamu bisa manfaatkan jasa Penerjemah Tersumpah untuk melakukan pekerjaan ini.

Persyaratan Umum Pengajuan Program DAAD

Sementara itu, ada juga berbagai persyaratan yang harus kamu penuhi selain melengkapi dokumen-dokumen di atas. Persyaratan umumnya adalah sebagai berikut.

  1. Bekerja di otoritas public atau pemerintahan, perusahaan milik negara, atau perusahaan milik swasta yang beroperasi di negara berkembang.
  2. Sudah memiliki gelar sarjana.
  3. Telah menyelesaikan gelar nilai yang berada di atas rata-rata serta mempunyai pengalaman bekerja secara professional minimal 2 (dua) tahun di bidang yang berkaitan.
  4. Normalnya, gelar tersebut diselesaikan selama kurang dari 6 (enam) tahun.
  5. Untuk program perkuliahan berbahasa Jerman, sertifikat TestDaF 4 atau DSH 2 harus disertakan serta wajib selesai pada tingkatan A2.
  6. Sedangkan untuk program perkuliahan dengan bahasa Inggris, skor minimal yang biasanya diminta adalah 80 untuk TOEFL IBT, 550 untuk TOEFL PBT, 213 untuk TOEFL CBT, dan 6,5 untuk IELTS.

Nah, setelah membaca syarat umum dan dokumen di atas, apakah hasrat berkuliah di Jerman semakin kuat? Pada akhirnya, kuliah di luar negeri sudah bukan lagi mimpi yang mustahil, kok!

Submit a comment