Energi Panel Surya Bagi Kehidupan Masa Depan

Scroll this

pju tenaga surya

Hukum kekekalan energi mengatakan bahwa energi tidak sebenaarnya tidak dapat diciptakan maupun diperbaharui. Yang dapat dilakukan oleh energi hanyalah mengubahnya dari sesuatu menjadi sebuah usaha. Misalnya manusia membutuhkan energi untuk bergerak, untuk dapat bergerak manusia butuh makan dan minur agar dapat menjadi energi. Kemudian energi inilah yang dapat dilakukan manusia untuk melakukan suatu tindakan. Biasanya manusia melakukan sebuah tindakan agar dapat memenuhi kebutuhan untuk hidup yang berkelanjutan.

Zaman Pra Sejarah

Sejak zaman dahulu, manusia selalu berusaha agar dapat bertahan hidup lebih lama sehingga manusia menciptakan suatu benda untuk lebih memudahkan. Misalnya, manusia menciptakan kereta dorong agar dapat memindahkan benda lebih mudah dan lebih banyak dari yang bisa dia lakukan. Kemudian sesuai perkembangan zaman, manusia mulai mengembangkan lagi berbagai teknologi dan ilmu pengetahuan demi kehidupan yang lebih baik. Keinginan manusia yang mengharapkan hidup layak dan nyaman mendorong manusia untuk dapat menciptakan alat dan mesin.

Kehadiran Panel Surya Abad ke 13

Penemuan mengenai panel surya sebenarnya sudah ada sejak abad ke 13, hanya saja masih berupa teori dan wacana. Seiring perjalanan waktu, manusia makin khawatir apabila minyak bumi dan batu bara makin menipis akibat terus digali dan diambil. Apabila bahan utama itu habis, tentu segala aktifitas manusia yang semua hampir menggunakan mesin dapat lumpuh seketika. Demi hidup yang terus berkelanjutan inilah manusia terus menggali wawasan dan ilmu pengetahuan agar dapat menemukan teknolgi dengan bahan bakar yang gratis dan praktis.

Kehadiran Panel Surya Abad ke 15

Barulah pada abad ke 15 mimpi manusia itu mulai terwujud setelah ditemukannya teknologi tenaga surya yang dapat berbentuk padat. Pada abad ini manusia menemukan cara baru dalam menyimpan tenaga surya dengan praktis. Meski masih memakan biaya yang cukup besar, kemunculan panel surya ini membuat pengharapan baru bagi manusia demi kehidupan yang berkelanjutan.

Setelah hadirnya penemuan tersebut, kini sudah mulai ditemukan berbagai alat yang menggunakan tenaga surya sebagai bahan utama. Sebut saja sepeda, penerangan jalan atau akrab disebut lampu PJU tenaga surya dan berbagai elektronik rumah tangga seperti pemanas air, atau pendingin ruangan. Berbagai alat tersebut sudah menggunakan panel surya sebagai bahan utama sehingga manusia tidak perlu khawatir lagi bila minyak bumi atau batu bara mulai habis. Sebab akan ada sumber daya utama yang tidak akan pernah habis sebelum dunia ini kiamat. Keberadaan matahari ini membawa pengharapan bagi kehidupan yang berkelanjutan bagi manusia itu sendiri. Alangkah baiknya jika kedepannya harga alat tenaga surya ini dapat dijangkau oleh masyarakat bawah sehingga mereka tidak perlu lagi memikirkan biaya listrik yang terus melambung tinggi.

Submit a comment