Cara Tepat Dalam Merawat Genset Agar Tahan Lama

Scroll this

gensetGenset dikenal sebagai alat pembangkit daya listrik yang banyak digunakan oleh masyarakat, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saja, tetapi banyak pula digunakan di kawasan pedesaan, pertokoan, perusahaan dan lainnya. Genset merupakan sebutan yang digunakan untuk menyingkat kata generator set, dalam penggunaannya jenis alat yang satu ini dapat bertahan jauh lebih lama, apabila ia mendapatkan perawatan khusus yang diantaranya terdiri dari beberapa cara perawatan di bagian bawah ini :

  • Meletakan genset di tempat yang kering

Genset tidak boleh diletakkan di sembarang tempat, seperti halnya di tempat yang berair atau pun di bawah sinar matahari. Pasalnya hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada genset dengan lebih mudah. Bahkan tidak jarang diantaranya ysng menimbulkan hal berbahaya seperti menghadirkan sengatan listrik.

  • Menjaga kebersihan genset

Pastikan genset yang anda miliki berada dalam keadaan bersih seperti terhindar dari debu, minyak, air atau bahkan kotoran yang mungkin dapat mengganggu kinerja serta fungsi yang dimilikinya.

  • Melakukan pergantian spare part

Apabila genset yang anda miliki telah digunakan dalam kurun waku tertentu, maka pastikanlah untuk selalu menggantinya dengan penggunaan spare part yang baru. Hal ini berguna untuk menjaga tingkat ketahanan serta kualitas fungsi yang dimilikintya dengan lebih baik.

  • Memastikan sirkulasi udara berada dalam keadaan baik

Sirkulasi udara juga menjadi bagian selanjutnya yang harus anda rawat. Pasalnya dengan sirkulasi udara yang berfungsi baik, maka penggunaan genset pun akan jauh lebih aman.

  • Operasikan genset dengan benar

Entah itu genset terbaru atau bahkan genset lama serta second sekali pun, pastikanlah untuk mengoperasikan genset dengan tepat dan benar, sehingga beragam bentuk masalah atau bahkan kesalahan pun dapat anda hindari dengan lebih mudah.

  • Matikan apabila terjadi hal yang mengganjal

Ketika anda tengah menggunakan genset namun justru terjadi sesuatu yang mengganjal, maka pastikanlah untuk segera mematikan genset tersebut. Seperti halnya muncul suara kencang atau bahkan getaran genset yang semakin lama terasa semakin kuat.

  • Memperhatikan setiap kabel instrumen

Kabel instrumen adalah bagian selanjutnya yang harus anda perhatikan dengan seksama guna menjaga keamanan dari penggunaan genset itu tadi.

Selain beberapa hal di bagian atas tadi, pastikan pula untuk melakukan pemeriksaan pada bahan bakar, mengecekan oli mesin serta menyalakan genset secara berkala.

Terakhir pilihlah genset sesuai kebutuhan. Berbagai merk genset dengan berbagai kemampuan daya hantar. Merk yang paling sering ditemukan di pasaran di antaranya genset yanmar, genset perkins, genset cummins, dan lain lain. Genset yanmar sendiri dapat ditemukan dalam berbagai daya hantar, seperti genset yanmar 8 kVa dan genset yanmar 10 kVa.

Submit a comment