4 Fungsi Utama Penggunaan Lampu PJU Tenaga Surya

Scroll this

Lampu PJU tenaga surya kini banyak digunakan pemerintah untuk menerangi jalan-jalan penting di ibu kota. Meskipun hanya sebagai penerang, namun keberadaannya cukup vital. Tanpa adanya lampu ini, kecelakaan lalu lintas sangat rentan terjadi, terlebih di waktu malam hari. Sayangnya, lampu PJU biasa hanya bisa dipasang di daerah dengan ketersediaan listrik yang cukup. Lalu, bagaimana dengan daerah yang minim tenaga listrik? Lampu PJU tenaga surya inilah solusinya. Hanya dengan memanfaatkan sinar matahari, lampu PJU dapat dinyalakan pada malam harinya. Berikut ini beberapa fungsi dari lampu PJU dengan menggunakan tenaga surya.

  1. Sebagai Alat Navigasi bagi Pengguna Jalan

Agar dapat digunakan sebagai alat navigasi bagi pengguna jalan, ada beberapa syarat lampu PJU yang harus digunakan, yaitu mempunyai pencahayaan yang kuat, tidak silau, dan cahaya cukup merata. Selain itu, warna cahaya cukup netral sehingga tidak mempengaruhi warna benda di sekitarnya.

  1. Sebagai Alat Keselamatan bagi Pengguna Jalan

Agar dapat digunakan sebagai alat keamanan, lampu PJU yang digunakan harus bisa menjadi keselamatan bagi pengguna jalan. Gunakan warna cahaya yang dapat menembus kabut yang biasanya muncul di jalanan bebas. Namun begitu, jangan sampai cahaya tersebut membahayakan atau menyilaukan bagi pengemudi lain dari arah berlawanan.

  1. Sebagai Alat Penunjang Keindahan Jalan dan Sekitarnya

Sebagai alat keindahan, lampu PJU tenaga surya dapat dibuat sedemikian rupa hingga secara penampilan cukup sedap dipandang mata. Penyertaan panel sebagai penangkap sinar matahari yang dipadukan dengan lampu itu sendiri akan membentuk sebuah kombinasi yang cukup indah. Terlebih jika penataan lampu tersebut dibuat dengan jarak tertentu. Hal ini semakin menampilkan pemandangan yang tidak membosankan bagi pengguna jalan yang melewatinya.

  1. Memberikan Keuntungan Daerah

Ada banyak keuntungan yang diperoleh pemerintah daerah setempat dengan penggunaan lampu PJU tenaga surya. Pengeluaran kas daerah yang biasanya digunakan untuk penggantian lampu PJU biasa yang sering rusak dapat dipangkas, karena lampu PJU tenaga surya lebih tahan lama. Bahan yang digunakan sebagai sumber tenaga pun juga tidak terbatas. Pemerintah bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin pada saat matahari sedang bersinar terang. Selain itu, penempatan lampu PJU tenaga surya di tempat yang tepat dapat memberikan tambahan pendapatan daerah jika digunakan untuk beriklan.

  1. Menjamin Kebersihan Lingkungan dari Polusi

Karena bersumber dari sinar matahari yang murni, maka penggunaannya tidak akan menimbulkan efek polusi udara. Tidak akan ada pancaran gas berbahaya seperti karbondioksida dari penggunaan sumber sinar matahari ini. Tidak hanya itu, bahkan penggunaan lampu ini juga tidak akan menimbulkan polusi suara karena tidak menimbulkan suara berisik saat digunakan.

Itulah beberapa fungsi utama penggunaan lampu PJU tenaga surya.

Submit a comment