Pembuatan Toko Online Mudah & Gratis

Scroll this

Pembuatan toko online bisa kamu lakukan dengan mudah. Seiring dengan kemajuan teknologi, jual beli pun bisa dilakukan secara online sehingga banyak bermunculan website toko online. Website menjadi etalase online yang bisa kamu manfaatkan untuk memajang produk jualan kamu sehingga calon pembeli bisa melihat, memilih, kemudian membelinya. Memiliki website toko online sendiri berarti memiliki toko sendiri sehingga kamu pun bebas mengatur tampilan toko kamu sesuai dengan gaya kamu. Berikut ini adalah urutan langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat website gratis.

  1. Tentukan Tujuan

Hal pertama yang perlu kamu pikirkan sebelum membuat website adalah tujuan pembuatan website tersebut. Karena kamu ingin mulai pembuatan toko online, maka tujuan utama pembuatan website adalah toko online. Hal ini bertujuan agar pembuatan website mengenai sasaran yang tepat sehingga hasilnya pun bisa optimal.

  1. Pilih Platform

Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya yaitu memilih platform yang sesuai. Ada beberapa alternatif platform untuk membuat website gratis seperti blogspot.com, wordpress.com, atau sirclo.com. Platform yang cocok digunakan untuk jasa pembuatan toko online diantara ketiga platform tersebut adalah sirclo.com.

  1. Pelajari Fiturnya

Beda platform tentu beda juga fitur yang ditawarkan. Jika kamu sudah memilih platform sirclo.com sebagai website toko kamu, maka pelajari dengan baik fitunya. Karena gratisan, fitur yang ditawarkan pun biasanya hanya terbatas. Fitur yang terbatas biasanya meliputi nama domain dan jumlah konten. Nama domain biasanya mencantumkan nama platform yang digunakan, misalnya kamu ingin menamai toko online baju cantik, maka website kamu pun akan bernama bajucantik.mysirclo.com. Jumlah konten dalam platform gratis biasanya terbatas, namun kapasitas penyimpanan yang ditawarkan biasanya sudah mencukupi jika hanya digunakan untuk jualan online.

  1. Buat Website

Hal yang perlu kamu ikuti jika akan mebuat website adalah sebagai berikut:

  •         Daftarkan diri pada platform yang dipilih
  •         Pilih template yang sudah ada di website untuk menyingkat waktu pembuatan. Setelah jadi, kamu bisa mengubah template sesuai dengan yang kamu sukai.
  •         Pilih nama domain dan masukkan data yang diperlukan ketika awal pembuatan website.
  •         Website sudah jadi. kamu bisa melakukan perbaikan seperti mengubah template dan membuat tampilan semenarik mungkin.
  1. Perawatan

Setelah buat website toko online, maka kamu pun harus rajin-rajin merawatnya. kamu bisa mengubah tampilan website agar cantik dan menarik. kamu juga bisa menambah konten dengan memajang koleksi terbaru produk jualan kamu sehingga calon pembeli pun merasa senang dan betah ketika berkunjung ke toko online kamu. Sebaiknya dalam jangka waktu tertentu ubahlah tampilan toko online kamu agar pembeli tidak merasa bosan. Selain membuat tampilan web yang menarik, jangan lupa juga untuk mempromosikan toko kamu kepada kolega maupun koneksi lainnya.

 

Submit a comment